Whatsapp
Whatsapp
× Beranda Tentang Kami Tentang Tugas Dan Kewajiban Tentang PPLN Kuala Lumpur Lembar Informasi Pemilu 2019 Daftar Anggota PPLN Berita Dokumentasi Penyebaran Pemilih Cek DPT PPLN KL
Login
PPLN - Panwaslu Kuala Lumpur lanjutkan sosialisasi ke Perak  
09 Oktober 2018 | 15:45

 

Panitia Pengawas Pemilu Luar Negeri (Panwaslu) bersama Panitia Penyelenggara Luar Negeri (PPLN) wilayah kerja Kuala Lumpur melanjutkan sosialisasi pengawasan dan mekanisme Pemilu 2019 dihari kedua. Kali ini daerah yang disambangi adalah Seri Iskandar, Perak (30/9).

 Seri Iskandar dipilih karena melihat banyak WNI yang berada di wilayah tersebut.

Sasaran sosialisasi kali ini tidak hanya mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Universiti Teknologi Petronas yang tergabung dengan PPI UTP akan tetapi juga para kalangan profesional dan pekerja di wilayah Seri Iskandar.

Sosialisasi ini dihadiri anggota Panwaslu Kuala Lumpur yakni Yaza Azzahara Ulyana, Doni Ropawandi, Rizki Isnaeni Nur dan dari sekretariat Dahlia Kusuma Dewi dan Dewi Anggaraini serta PPLN dihadiri oleh Yudhi Martha Nugraha.

Sosialisasi ini bertujuan untuk menjelaskan fungsi pengawasan Pemilu di Luar Negeri dan juga mendorong masyarakat yang belum mendaftar utk mendaftarkan diri sebagai pemilih

"Sosialisasi kali ini kita lebih menjelaskan tentang hal mendasar tentang pengawasan pemilu di Luar Negeri serta peran mahasiswa dalam menjalankan perannya dalam fungsi pengawasan jalannya demokrasi di Luar Negeri" ujar Ketua Panwaslu Kuala Lumpur, Yaza Azzahara Ulyana.

Hal senada juga disampaikan oleh ketua PPI Malaysia sekaligus Anggota Panwaslu Doni Ropawandi yang menyatakan bahwa mahasiswa perlu sigap dan bergerak terhadap apapun yang terjadi di fase-fase politik.

"Mahasiswa terutama PPI, saya ingatkan perlu menjaga independensi di tahun- tahun politik ini, jangan sampai menjual intelektualisme dan integritas di Pemilu 2019. Kita perlu bersama mengawasi sehingga pesta demokrasi ini berjalan sesuai dengan amanat konstitusi," katanya.

Sosialisasi yang dihadiri oleh WNI ini juga membahas tentang bagaimana cara mendaftarkan diri bagi yang belum masuk dalam DPT.

"Sosialiasasi hampir sama dengan yang di Kelantan. Saya lebih menekankan utk mengajak WNI untuk mendaftarkan diri di website www.pplnkualaumpur.org. Jangan hak mereka untuk memilih gugur karena tidak mendaftarkan diri" ujar Yudhi Martha Nugraha.

Salah satu masyarakat yang mengikuti sosialisasi, Hasnul Hadi mengatakan bahwa perlu banyak sosialisasi seperti ini di wilayah kerja akreditasinya.

"Saya mengharapkan baik itu Panwaslu dan PPLN perlu melakukan sosialisasi lebih banyak dan sering lagi karena tidak semua WNI yang mengetahui adanya pemilu diluar negeri. Amat sangat disayangkan jika ada WNI yang tidak menggunakan hak pilihnya sebagai akibat ketidaktahuan mereka adanya Pemilu tersebut," katanya

Menurut Yuli, yang merupakan salah satu peserta sosialisasi juga menekankan sangat penting pengawasan partisipatif WNI dalam proses Pemilu.

"Ya saya rasa amat penting karena pemilu adalah pesta demokrasi yang dimana jangan sampai rakyat acuh tak acuh terhadap perhelatan ini. Dan saya juga akan siap untuk membantu pengawasan maupun penyelenggaraan ini," katanya.