Whatsapp
Whatsapp
× Beranda Tentang Kami Tentang Tugas Dan Kewajiban Tentang PPLN Kuala Lumpur Lembar Informasi Pemilu 2019 Daftar Anggota PPLN Berita Dokumentasi Penyebaran Pemilih Cek DPT PPLN KL
Login

Lembar Informasi Pemilu 2019

 

lembar informasi 

  1. Pemerintah akan menyelenggarakan Pemilihan Umum untuk memilih anggota legislatif serta memilih Presiden dan Wakil Presiden RI secara serempak pada tanggal 17 April 2019.
  2. Pemungutan suara Pemilu 2019 bagi Warga Negara Indonesia di Malaysia akan dilakukan sebelum tanggal 17 April 2018.
  3. Untuk mempersiapkan dan melaksanakan penyelenggaraan Pemilu luar negeri, Komisi Pemilihan Umum (KPU) bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri membentuk Kelompok Kerja Pemilu Luar Negeri (Pokja PLN), yang kemudian diberi wewenang untuk membentuk Panitia Pemilihan di Luar Negeri (PPLN) dan Badan Ad Hoc Pemilu lainnya di luar negeri.
  4. Pada tanggal 12 Maret 2018 Duta Besar RI Kuala Lumpur telah melantik 7 Anggota PPLN dan 3 anggota Sekretariat PPLN Kuala Lumpur. Daftar Anggota dan Sekretariat PPLN Kuala Lumpur terlampir.
  5. KBRI Kuala Lumpur juga telah memfasilitasi pembentukan Panitia Pengawas Pemilu Luar Negeri (Panwaslu LN) dan telah menyampaikan 6 nama calon kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk kemudian ditetapkan 3 orang yang akan menjadi Panwaslu LN Kuala Lumpur.
  6. PPLN Kuala Lumpur telah membentuk Panitia Pemutakhiran Data Pemilih Luar Negeri (Pantarlih LN) yang bertugas membantu PPLN untuk memutakhirkan data pemilih dengan metode pencocokan dan penelitian (coklit) data WNI, serta mendata pemilih baru. Data hasil coklit selanjutnya akan menjadi dasar penyusunan Daftar Pemilih Sementara Luar Negeri (DPS LN) untuk Pemilihan Umum tahun 2019.
  7. Pantarlih LN akan melakukan coklit selama kurun waktu 17 April – 16 Mei 2018 di wilayah kerja PPLN Kuala Lumpur, yaitu Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Putrajaya, Selangor, Perak, Kelantan, dan Terengganu.
  8. Dengan kegiatan coklit dan pendataan pemilih baru yang menyeluruh dan teliti, diharapkan akan menghasilkan DPS LN yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.
  9. Data WNI di wilayah kerja PPLN Kuala Lumpur per Maret 2018 adalah sejumlah 216.
  10. Seluruh WNI di Malaysia diharapkan dapat mendukung pelaksanaan coklit dan pendataan pemilih baru dan mendaftarkan diri secara aktif sebagai pemilih, demi menyukseskan Pemilu serentak tahun 2019.

 

Kuala Lumpur, 20 April 2018