Whatsapp
Whatsapp
× Beranda Tentang Kami Tentang Tugas Dan Kewajiban Tentang PPLN Kuala Lumpur Lembar Informasi Pemilu 2019 Daftar Anggota PPLN Berita Dokumentasi Penyebaran Pemilih Cek DPT PPLN KL
Login

Tentang Tugas Dan Kewajiban

Tujuan pembentukan PPLN adalah untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemilihan umum yang dapat menjamin pelaksaan hak politik masyarakat dibutuhkan penyelenggara pemilihan umum yang profesional serta mempunyai integritas, kapabilitas, dan akuntabilitas. PPLN KL bertugas melakukan persiapan dan pelaksanaan Pemilu 2019 yang akan diadakan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur di bulan April 2019 dengan tanggal yang akan ditetapkan kemudian.

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomer 15 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Pemilihan Umum Pasal (49) Tugas, wewenang dan kewajiban PPLN meliputi:

a) membantu KPU dalm melakukan pemutakhiran data pemilih, daftar pemilih sementara, daftar pemilih hasil perbaikan dan daftar pemilih tetap.

b) membentuk KPPSLN

c) mengumumkan daftar pemilih sementara, melakukan perbaikan data pemilih atas dasar masukan dari masyarakat Indonesia di luar negeri, mengumumkan daftar pemilih hasil perbaikan, serta menetapkan daftar pemilih tetap,

d) menyampaikan daftar pemiliih warga negara Republik Indonesia kepada KPU,

e) melaksanakan tahapan penyelenggaraan Pemilu yang telah ditetapkan oleh KPU

f) melakukan rekapitulasi hasil perhitungan suara dari seluruh TPSLN dalam wilayah kerjanya

g) mengumumkan hasil perhitungan suara dari seluruh TPSLN di wilayah kerjanya

h) menyerahkan berita acara dan sertifikat hasil perhitungan suara kepada KPU

i) menjaga dan mengamankan keutuhan kotak suara